ETIKA PROFESI NON FORMAL (TUKANG SAYUR)

Posted On // Leave a Comment
Tukang sayur adalah pekerjaan yang berhubungan dengan kebutuhan pangan keluarga. Suplay kebutuhan makanan sebuah keluarga apabila seseorang di keluarga tersebut tidak dapat pergi ke pasar untuk berbelanja.
tukang sayur merupakan profesi yang bukan terdidik jadinya untuk dapat terjun dalam profesi ini anda tidak perlu bersekolah untuk belajar akan tetapi anda cuma perlu berlatih berkomunikasi sampai anda dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik dan sebagai tukang sayur hendaknya mempunyai atribut-atribut seperti ini:
1. Topi, tukang sayur tidak perduli panas terik ataupun hujan maka dari itu topi sebagai   pelindung kepala sangat diperlukan.
2. Gerobak. Salah satu saran terpenting tukang sayur adalah gerobak, dengan ini tukang sayur dapat membawa barang – barang dagangan nya.
3. Payung. Alat ini berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari yang terik dan apabila sewaktu – waktu terjadi hujan.
Tugas seorang tukang sayur tidaklah mudah mereka harus melakukan kewajibannya dengan baik seperti halnya:
1. Berkeliling antar komplek dari satu rumah ke rumah lain nya.
2. Mengantarkan pesanan sayur mayor kepada pelanggan
3. Menjaga kualitas dari barang dagangan nya tersebut, karena apabila barang tersebut sudah rusak atau kadaluarsa maka pelanggan akan kecewa dan kapok untuk berbelanja.
Yang menarik dari masalah ini adalah ternyata tukang sayur memiliki kode etik atau aturan-aturan tertentu terutama di kalangan tukang sayur. Aturan - aturan tersebut adalah:
1. Wilayah operasi nya biasanya sudah terkoordinasi satu sama lain.
2. Waktu bekerja mayoritas dari pagi hingga siang.
Dan ada sebuah pepatah pekerja tukang sayur 
"Hidup ini harus mempunyai prinsip dan harus ikhlas, karena dengan keikhlasan hidup kita yang sulit akan menjadi mudah" 

dan pepatah seperti ini lah yang seharusnya dimiliki seseorang .

berikut ini saya akan coba mengulas beberapa etika pedagang sayur di pasar maupun pedagang sayur keliling
1. sebagai seorang yang berpengaruh besar terhadap kesehatan konsumen seorang tukang sayur wajib memastikan bahwa sayuran yang dijualnya adalah sayuran yang benar – benar segar dan bukan sayuran yang layu ataupun sayuran bekas yang tercecer saat pengangkutan atau pemindahan sayur dari produsen ke truk.
2. terkadang kita lihat bahwa jika ada salah satu pedagang sayur A mendiamin suatu pasar maka rata – rata kebanyakan tidak ada pedagang serupa di pasar tersebut jikapun ada jarak dari pedagang A ke pedagang B jaraknya sangat berjauhan jika memeng dia menjual jenis sayuran yang sama
3. untuk pedagang sayur keliling terkadang wilayah rute untuk keliling menjajakan barang dagangannya itu menjadi suatu permasalahan yang sering terjadi, tetapi jika pedagang A sudah mempunyai langganan tetep di suatu wilayah terkadang pedagang yang lain enggan untuk lewat wilayah tersebut dikarenakan biasanya warga indonesia jika sudah pas dengan pedagang tersebut dia akan tetap membeli ke pedagang tersebut walaupun ada pedagang yang lain lewat si pembeli akan tetap menunggu pedagang tersebut
4. kebanyakan pedagang sayur menganut prinsip pembeli adalah raja jadi biar bagaimanapun karakter si pembeli pedagang tersebut tetap akan dan harus bersikap ramah kepada pembeli.
5. terkadang sesama pedagang dipasar suka membantu ke sesama pedagang sayur lainya misalkan pembeli ingin suatu sayuran tetapi di pedagang tersebut tidak ada maka terkadang si pedagang tersebut tidak enggan maupun sungkan untuk mencarikan sayuran tersebut ke pedagang lain dan hasinnya akan di kasi ke pedagang sayur yang mempunyai sayuran tersebut
Jadi kesimpulan yang dapat saya buat adalah 

" profesi tukang sayur merupakan profesi yang menguntungkan bagi pihak pedagang/tukang sayur sendiri maupun bagi pihak pembeli, dalam pelaksanaanya terkadang seorang tukang sayur memiliki suatu etika yang mungkin tidak tertulis melainkan haya sebatas ucapan lisan yang uniknya semua dapat dipahami oleh sesama tukang sayur dan yang lebih penting mereka semua saling memahami dan menaati aturan tersebut walaupun tidak tertulis."

0 komentar:

Posting Komentar