Kelas : 3ka32
Jurusan :Sistem Informatika
OpenGL
Pengertian OpenGLOpenGl adalah suatu perangkat grafis standaryang digunakan untuk keperluan-keperluan pemograman grafis.OpenGl bersifat Open Source,Multi Platform,Multy Languange.Saat ini smua bahasa pemgraman mendukung OpenGL,Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows,Linux,Unix,FreeBSD,SGI,library dasar OpenGL adalah Glut dengan fasilitas yang bisa dikembangkan.
Untuk OS Windows,library ini
terdiri dari 3 files yaitu :
- Glut.h
- Glut32.lib
- Glut32.dll
1.Download Program OpenGL-->install program-->dan tunggu hingga selesai
2.Kemudian buat project baru klick multimedia-->OpenGL save dengan nama tugas,klick ok ,setelah itu create new project kita tempatkan sesuai dengan yang kita inginkan klick save. Lihat Gambar:
3.kemudian hapus koding awal pada main.cpp,dan kita ketikan koding program baru yang akan kita buat Lihat Gambar :
Membuat Program Garis Vertikal Pada OpenGL :
- Ketikkan Koding Pada Main.cpp yang telah kita kosongkan dan jalankan program dengan menekan tombol f9 dan save dan output garis vertikal yang kita buat telah jadi,
Ket untuk koding pada garis vertikal:
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Logika:
pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.
Membuat Garis Horizontal Pada OpenGL
- Kosongkan Kembali Layar OpenGL,ketikkan koding untuk garis horizontal dan jalankan program dengan menekan f9
Penjelasan untuk koding pada garis horizontal
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang
digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
[ untuk menentukan titik
yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk menentukan titik
akhir yang digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar]
Logika :
pada pembuatan garis horizontal lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah
dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan
disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis
yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita
tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample
pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.
Membuat Garis Diagonal Pada OpenGL
- Sama seperti program sebelumnya ,kita ketik kodingnya pada main.cpp , save--> F9 untuk menjalankan program
Penjelasan tentang koding pada diagonal
/*Untuk membuat
garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar
belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk
menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();
[Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1); [digunakan untuk mengakhiri koding/program]
Logika:
pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal
Demikianlah tutor/penjelasan tugas "grafik komputer & Olah Citra" tentang pembuatan garis vertikal,horizontal,diagonal pada program openGL...
Sekian......
Kita juga mempunyai jurnal mengenai OpenGL, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
Semoga bermanfaat ;)